Studi Deskriptif Kepuasan Mahasiswa terhadap Kinerja Lembaga Program Studi Manajemen Universitas Mataram
DOI:
https://doi.org/10.53512/valid.v21i1.350Keywords:
kepastian, keandalan, daya tanggap, empati, bukti nyataAbstract
Sumber daya manusia yang berkualitas diharapkan dapat dihasilkan oleh sektor strategis pendidikan tinggi. Universitas bertanggung jawab untuk mempelajari dan meningkatkan setiap bidang layanan yang mereka berikan dan mengambil langkah proaktif dalam menghadapi lingkungan yang semakin kompetitif. Dengan memperhatikan lima kriteria yang berbeda yaitu bukti konkrit, ketergantungan, kesadaran, jaminan dan empati – penelitian ini berupaya mengukur seberapa puas mahasiswa terhadap program studi Sarjana Manajemen FEB Universitas Mataram. Berpikir kuantitatif adalah metode yang digunakan. Kuesioner digunakan sebagai alat pengumpulan data untuk penelitian survei deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan mahasiswa adalah puas terhadap kinerja, pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh staf pengajar, manajemen dan dosen Program Studi Sarjana Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram. dari beberapa aspek dimensi kualitas, antara lain dimensi nyata, dimensi keandalan, dimensi daya tanggap, dimensi jaminan, dan empati. Namun demikian, masih perlu dilakukan upaya lebih untuk menjaga kepuasan mahasiswa dan mengurangi tanda-tanda kurang lancarnya proses belajar mengajar, layanan bimbingan akademik, layanan tenaga kependidikan, layanan manajemen, serta saran dan prasarana yang disediakan. Tentunya untuk terus meningkatkan pelayanan akademik yang diberikan kepada mahasiswa, pengujian survei kepuasan mahasiswa harus dilakukan secara berkala..
References
Ab, A., & Ridwan, M. (2019). Mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan program studi manajemen divisi kamar politeknik pariwisata makassar. Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas, 3(2), 120–132.
Badar, D. S., & Karsiwan, W. (2021). Survey Kepuasan Mahasiswa Atas Layanan Manajemen Pendidikan di STKIP Muhammadiyah Bogor Tahun 2020. 7(1), 182–188. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.910
Dafroyati, Y. (2016). Kepuasan Mahasiswa terhadap Kinerja Dosen dalam Pembelajaran Pada Jurusan dan Program Studi di Lingkup Poltekkes Kemenkes Kupang Tahun 2014. Jurnal Info Kesehatan, 14(1), 1135–1148.
Dirwan, A. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Komitmen Mahasiswa Terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 379–391. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2382
Ermawati, E., Alwi, W., & Arifi, A. (2023). Pemodelan kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi akademik di UIN Alauddin Makassar. Teknosains, 17(2), 158–165.
Maulina, S., Firdausi, A. N., & Prastiawan, A. (2021). Indeks kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi jurusan. 4(September), 257–265.
Muhsin, M., Martono, S., & Et.al. (2020). The relationship of good university governance and student satisfaction. International Journal of Higher Education, 19(1), 1–10. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n1p1
Pakukar, M., Haddad, H., & Et al. (2019). The Service Quality Dimensions that Affect Customer Satisfaction in the Jordanian Banking Sector. 1–24. https://doi.org/10.3390/su11041113
Qomariah, S. (2022). Pengaruh Dimensi Kualitas layanan Administrasi Akademik.
Rahayu, I. arum tri, & Hidayati, L. (2022). Kepuasan Pengguna (Mahasiswa) Terhadap Dosen Di Prodi S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Surabaya. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 3(2), 01–08. https://doi.org/10.26740/jvte.v3n2.p01-08
Ramya, N., Kowsalya, A., & Dharanipriya, K. (2019). Service Quality and its Dimensions. EPRA International Journal of Research and Development (IJRD), 4(2).
Razinkina, E., Pankova, L., Trostinskaya, I., & Pozdeeva, E. (2018). Student satisfaction as an element of education quality monitoring in innovative higher education institution. E3S Web of Conferences 33, 03043 (2018), 03043(33).
Shabri, I., & Yanti, R. (2020). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Prodi Sastra Inggris Universitas Dharma Andalas Padang. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 2(1), 51–56. https://doi.org/10.47233/jteksis.v2i1.88
Shaffie, F., Sin, L. N., & Et.al. (2017). The Service Quality In Higher Education A Case of UUM Operations Management Students. Stmlportal.Net, 876–886.
Umriana, A., & Pranatami, D. (2022). Indeks Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Akademik Dan Non Akademik Uin Walisongo Semarang. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(1), 95–103. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i1.767
Widiastuti, T., Karsa, K., & Juliane, C. (2022). Evaluasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Menggunakan Metode Klasifikasi Algoritma C4.5. Technomedia Journal, 7(3), 364–380. https://doi.org/10.33050/tmj.v7i3.1932
Yusa Mochammad, Alqap Asep SF, Helmizar, H. N. (2021). Analisa Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik di Fakultas Teknik Universitas Bengkulu. 18(Ii), 103–118. https://doi.org/10.26487/jbmi.v18i2.14104
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nila Rahayu, Widia Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.