Efisiensi Pembayaran Digital melalui QRIS pada UMKM Tasikmalaya
Keywords:
perceived usefulness, perceived ease, payment efficiency, QRIS, MSMEAbstract
This research aims to find out whether the perceived usefulness of QRIS and the convenience of QRIS influence the efficiency of digital payments in Tasikmalaya MSMEs. This study uses a quantitative approach. The sample in this research was 100 MSMEs in Tasikmalaya City. The sampling technique used in this research was Non Probability Sampling using purposive sampling. The data collection technique in this research is by using a questionnaire. Data processing and analysis techniques are validity testing, reliability testing, multiple regression analysis and hypothesis testing. The results of this research show that perceived usefulness and perceived convenience influence the efficiency of digital payments using QRIS for MSMEs in the city of Tasikmalaya.
References
TAKA
Alamsyah, Abdi. Pengaruh Penerimaan Sistem Pembayaran Gopay menggunakan TAM terhadap Pendapatan Driver Gojek di Kota Medan, Skripsi, Universitas Sumatera Utara, 2019.
Anam, Choril. E-Money (Uang Elektronik) dalam Perspektif Hukum Syariah, Jurnal Qawanin Vol.2 No 1, 2018. Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), edisi Keempat. Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariative dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro, 2012.
Andryanto, R. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat, Dan Persepsi
Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Beli Di Toko Online (Studi Empiris
Yang Dilakukan Pada Olx. Co. Id Di Yogyakarta). Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Yogyakarta.
Arianti, Ni Luh Novi. Gede Sri Darma, Agus Fredy Maradona, Luh Putu Mahyuni. 2019 Menakar Keraguan Penggunaan QR Code Dalam Transaksi Bisnis. Jurnal Manajemen dan Bisnis Volume 16 No 2.
Fadhli, M. (2016). Pengaruh Persepsi Nasabah Atas Risiko, Kepercayaan, Manfaat dan
Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan Internet Banking (Studi Empiris pada
Nasabah Bank Umum di Kota Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi
Akuntansi (JIMEKA).
Ginting, Marissa. Pengaruh Persepsi Masyarakat dan Efisiensi dalam Bertransaksi terhadap Minat Penggunaan Ulang E-Money, Skripsi, Universitas Sumatera Utara, 2019.
Hair J.F. et.al (1995), “Multivariate Data Analysis with Reading”, Fourth Edition,
Prentice Hall. New Jersey
Hikmah, Lailatul. Pengaruh Uang Elektronik terhadap Efisiensi Sistem Pembayaran Transportasi di Wilayah Jabodetabek Studi Kasus Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah, 2018.
Ikhsan, Arfan. Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: Citapustaka, 2014.
Inayah, Romahotul. 2020. Pengaruh Persepsi Kemudahan, Penggunaaan, Persepsi Kemanfaatan, dan Promosi terhadap Minat Penggunaan Uang Elektronik pada Masyarakat, Skripsi, IAIN Purwokerto.
Iskandar. “Ini Daftar Dompet Digital yang Paling Banyak Digunakan Orang Indonesia”, https://m.liputan6.com/tekno/read/4472006/ini-daftar-dompet-digitalyang-paling banyak-digunakan-orang-indonesia Diunduh pada 22 Maret 2021.
Joan, L., Sitinjak, T. (2019). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan dan Persepsi Kemudahan Penguunaan Terhadap Minat Penggunaan Layanan Pembayaran Digital Go-Pay. Jurnal Manajemen, 8, 27-39.
Karniawati, E. T., Zuhroh, I., & Malik, N. (2021). Literasi dan Edukasi Pembayaran Non Tunai Melalui Aplikasi QR Code Indonesian Standard (QRIS) Pada Kelompok Milenial. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 05(01), 23–30.
Lubis, Fauzi Arif. Aplikasi Sistem Keuangan Perbankan Syariah, Jurnal HumanFalah Vol 5 No 2, 2018.
Mulyadi. 2007. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
Ningsih, Hutaami A. Endang M. Sasmita dan Bida Sari. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Persepsi Resiko terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik (QRIS) pada Mahasiswa, Jurnal IKRA, 2020.
Pamungkas, Tri Gilang. Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Penggunaan E-Money, Skripsi, UIN Sumatera Utara, 2018.
Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 21/18/PADG/2019 Tentang Implementasi Standart Nasional Quick Response Code untuk Pembayaran.
Pohan, Aulia. Sistem Pembayaran Strategi dan Implementasi di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
Purnama, C. M Lingga. Strategic Marketing Plan: Panduan Lengkap dan Praktis Menyusun Rencana Pemasaran yang Strategis dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2010.
Putri, Nindi Anindya Utami. Pelaksanaan Penggunaan Quick Response Code (Kode QR) untuk Sistem Pembayaran Berdasarkan Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 21/18/PADG/2019 Tentang Implementasi Standart Nasional Quick Response Code untuk Pembayaran di Kota Semarang, Skripsi, Universitas Negeri Semarang, 2020.
Qris.id, https://qris.id/homepage/. Diunduh pada tanggal 22 Maret 2021.
Qulub, Ashif Syifa’ul. Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Penggunaan, Persepsi Resiko terhadap Minat Menggunakan Layanan E-Money, Skripsi, UIN Walisongo, 2019.
Rahmani, Nur Ahmadi Bi. Metodologi Penelitian Ekonomi. Medan: FEBI UINSU PRESS, 2016.
Rumondang, Astri, Acai Sudirman, Faried Effendy, Janner Simarmata, dan Tuti Agustin. Fintech: Inofasi Sistem Keuangan di Era Digital. t.t.p: Yayasan Kita Menulis, 2019.
Sanubari, Sri Mulyati Tri Saubari, Ascarya. Kebijakan Sistem Pembayaran di Indonesia. Jakarta:Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan Bank Indonesia, 2017.
Sanusi, Anwar. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat, 2015.
Saputra, Irfan Prapmayoga. Analisis Efektifitas Penggunaan Digital Payment Pada Mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, Skripsi, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, Bandar Lampung, 2019.
Saputri, Oktaviana Banda. Preferensi Konsumen dalam Menggunakan QRIS sebagai alat pembayaran digital, Jurnal Kinerja 17 (2), 237-247, 2020.
Sari, Marta Widian Sari dan Andry Novrianto. Kenali Bisnis di Era Digital Financial Technology. Padang: CV Insan Cendikia Mandiri, 2020.
Sedarmayanti. Manajemen Perkantoran. Cetakan kedua, Edisi Kedua, Bandung: Mandar Maju, 2001.
Setiawan, I. W. A., & Mahyuni, L. P. (2020). Qris Di Mata Umkm: Eksplorasi Persepsi Dan Intensi Umkm Menggunakan Qris. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 10, 921. https://doi.org/10.24843/eeb.2020.v09.i10.p01
Sihaloho, Josef Evan. Atifah Ramadhani, Suci Rahmayanti. 2020. Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standart bagi Perkembangan UMKM di Medan, Jurnal Manajemen Bisnis Vol. 17 No.2,.
Siyoto, Sandu dan Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian. Kediri: Literasi Media Publishing, 2015
Sriekaningsih, Ana. QRIS dan Era Baru Transaksi Pembayaran 4.0. Yogyakarta: ANDI, 2020. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta,2016. .
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta,2017.
Surjaweni, V Wiratna. SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2014.
Surjaweni, V. Metodologi Penelitian Bisnis &Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2015.
Syafina, Laylan. Panduan Penelitian Kuantitatif Akuntansi, Medan: Febi UINSU Press. 2018.
Syamsi, Ibnu. Efisiensi, Sistem, dan Prosedur Kerja. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2004.
Tarigan, Azhari Akmal. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Medan:la-tansa Press, 2011.
Umar, Husein. Riset Pemasaran da Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka. 2012.
Widianingrum, Annisa. “Hukum Islam dan Penggunaan Uang Eletronik” https://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/amp/anisa27122/5fa 10805bffde3774397d52/hukum-islam-dan-penggunaan-uangelektronik. Diunduh pada 22 Maret 2021
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Deasy Lestary Kusnandar, Dewi Permata Sari, Nana Sahroni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.