Pengaruh Media Sosial, Literasi Keuangan, E-commerce, Digital Payment, dan Orientasi Wirausaha Terhadap Kinerja UMKM di Kota Mataram
DOI:
https://doi.org/10.53512/valid.v22i1.491Keywords:
social media, finansial literacy, e-commerce, digital payment, entrepreneurial orientationAbstract
This study aims to test and analyze the influence of social media, financial literacy, e-commerce, digital payment, and entrepreneurial orientation on the performance of MSMEs. The population in this study were MSME actors spread across Mataram City. Where in the sampling of the study using the proportionate stratified random sampling method. To determine the minimum sample using the Slovin formula where the amount of data obtained and can be processed is 108 respondents. Data analysis using multiple linear regression. The results of the study showed that social media and digital payment have a positive and significant effect on the performance of MSMEs. This indicates that the respondents in this study have used social media as a promotional tool for their businesses and used digital payment as an alternative to non-cash payments. Meanwhile, financial literacy, e-commerce and entrepreneurial orientation do not have a significant effect on the performance of MSMEs. It can be explained that most of the MSME actors who were respondents in this study still have low financial literacy, the use of e-commerce is not optimal and the entrepreneurial orientation that is carried out is still mostly following suit so that it does not affect the performance of the MSMEs they have.
References
Achmad, Z. A., Azhari, T. Z., Esfandiar, W. N., Nuryaningrum, N., Syifana, A. F. D., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pemasaran Produk UMKM Di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1).
Agrina, C. R., & Kirana, D. H. (2023). Peningkatan Kinerja Usaha Melalui Pembenahan Manajemen Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Pada Industri Kuliner. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3). https://jurnal.unpad.ac.id/kumawula/index
Asisa, W., Aulia, P., Dalianti, N., & Handa, Y. R. (2022). Pengaruh Pemahaman Literasi Keuangan dan Kemudahan Digital Payment terhadap Kinerja UMKM di Kota Makassar. Jurnal DinamikA, 3(1).
Aulia, S. (2020). Pola Perilaku Konsumen Digital Dalam Memanfaatkan Aplikasi Dompet Digital. Jurnal Komunikasi, 12(2). https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/download/9829/6623
Ayu, I. (2024). Media Sosial Sebagai Pemasaran Digital UMKM. https://www.republika.id/posts/49782/media-sosial-sebagai-pemasaran-digital-umkm
Bunadi, A., & Nurlinda, R. (2023). Pengaruh Adopsi E-commerce Dan Pemasaran Media Sosial Terhadap Kinerja UMKM Dimediasi Oleh Orientasi Wirausaha. Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi Universitas Flores, 13(2).
Butar, I. (2021). Pengaruh Lietrasi Keuangan Terhadap Kinerja dan Keberlangsungan UMKM di Kecamatan Bukit Raya, Simpang Tiga Kota Pekan Baru [Universitas Islam Riau]. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/10941
Diansari, R. E., & Rahmantio, R. (2020). Faktor Keberhasilan Usaha Pada UMKM Industri Sandang Dan Kulit di Kecamatan Wirobrajan Kota Yogyakarta. Journal of Business and Information Systems, 2(1). https://doi.org/10.36067/jbis.v2i1.60
Fachrunnisa, Z. H., Windarti, N. P., & Sari, R. P. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Digital Paymen dan Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan Terhadap Kinerja UMKM. Jurnal F A I R N E S S, 8(1).
Feriyansyah, A., & Febriansyah. (2023). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Kecil dan Menengah (Studi Kasus Usaha Makanan Ringan di Kota Pagar Alam). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37676/ekombis.v11i1
https://app.komp.as/oGukqUgyBUiC9YWM7. (2023). Mataram Bergerak Menjadi Kota Ekonomi Kreatif. https://app.komp.as/oGukqUgyBUiC9YWM7
https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-balikpapan/baca-artikel/15677/Peran-Penting-UMKM-dalam-Ancaman-Isu-Resesi.html. (2021). Peran Penting UMKM dalam Ancaman Isu Resesi.
Kemenkeu, B. (2019). E-Commerce Untuk UMKM. https://bppk.kemenkeu.go.id/pusdiklat-keuangan-umum/berita/e-commerce-untuk-umkm-dan-pertumbuhan-ekonomi-indonesia-237095
Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Tombatu Timur Kabupaten Minasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1).
Ma’rifah, I., Supriyanto, Y., Wibowo, N., Damawati, A. R., Nauvalia, S. U., & Apriyansyah, I. (2022). Pengaruh Pembayaran Digital terhadap Keberlangsungan Usaha pada UMKM Nyambowl. Jurnal Ekonomi Dan Perkembangan Bisnis, 6(2).
OJK. (2021). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2021 - 2025. https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Strategi-Nasional-Literasi-Keuangan-Indonesia-2021-2025.aspx
Oktaviani, M., Oktaria, M., Alexandro, R., Eriawaty, & Rahman. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 9(2), 136–145. https://ejournal.undiksha.ac.id/indeks.php/JIIIS/index
Putri, Y. D., & Ie, M. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Lingkungan dan Media Sosial terhadap Kinerja Usaha UMKM di Jakarta. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(4).
Ramadhan, R., Anandya, A., & Nurleli. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan dan Penggunaan Media Sosial terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Riset Akuntansi (JRA), 2(2). https://journal.unisba.ac.id/index.php/JRA
Ramdhani, M. L., Nurleli, & Anandya, A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan dan Penerapan E-commerce terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Riset Akuntansi, 2(2). https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRA
Rusdi, Armiani, & Murjana, I. M. (2023). Pengaruh Media Sosial, E-commerce, dan Website Terhadap Kinerja UMKM pada UMKM Tenun di Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 1(4).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Syaharani, Kharsima Sintyas & Febrianto, Gustaf Naufan. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, LIterasi Digital dan Inklus Keuangan Terhadap Kinerja UMKM (Studi Kasus Pada UMKM di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur). Neraca Manajemen Ekonomi, 7(6)
Taufiq, A. M. A., & Pabulo, A. M. A. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan dan Pembayaran Digital Terhadap Kinerja UMKM. Ikraith Ekonomika, 06(3).
Tiandra, N., Hambali, D., Nuraisa, & Rosalina, N. (2020). Analisis Pengaruh E-commerce Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM (Studi Kasus Pada UMKM di Kabupaten Sumbawa). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 4(01).
Ulyasari, O. R., Agustina, D., Wardhani, R. S., & Ilhamsyah, A. W. (2023). Pengaruh E-Commerce Dan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Umkm Terhadap Kinerja Umkm Sektor Industri. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(2). https://doi.org/10.55681/jige.v4i2.642
Wijaya, W., & Widjaja, O. H. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi E-commerce dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(1).
Zanaria, Y., Septiani, A., & Sari, E. Y. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan E-commerce Terhadap Kinerja UMKM (Studi pada Bidang Perdagangan Kuliner Di kelurahan Iringmulyo Kota Metro). Jurnal Manajemen, 17(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Herawati Khotmi, Husnul Hikmah, Agus Khazin Fauzi, Yuli Astini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.