Pengambilan Keputusan Pembelian dengan Penggunaan Fasilitas Pembayaran Non Tunai Dalam Transaksi E-Commerce pada Generasi Z

Authors

  • Muhammad Helmy Reza Universitas Islam Negeri Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
  • Fatana Suastrini Universitas Islam Negeri Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53512/valid.v21i1.367

Keywords:

pembayaran non tunai, generazi z, keputusan pembelian

Abstract

Fakta yang terjadi berdasarkan survei, persentase jumlah kegiatan transaksi belanja secara online pada usia generasi Z di Indonesia sebanyak 29% pada tahun 2020, dan sebanyak 23% pada tahun 2021. Temuan ini menunjukkan jumlah persentase transaksi online tertinggi ke dua secara keseluruhan di Indonesia. Mayoritas kegiatan transaksi online tersebut dilakukan dengan fasilitas pembayaran non tunai dengan dompet digital. Penelitian kali ini ingin menganalisis apakah adanya fasilitas pembayaran non tunai berpengaruh kepada keputusan pembelian dalam transaksi di e-commerce pada generasi Z yang berstatus mahasiswa pada perguruan tinggi negeri di Kota Mataram. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan analisis structural equation modelling (SEM) dengan alat bantu aplikasi AMOS 22. Temuan penelitian menunjukkan faktor kemudahan menjadi alasan terpenting bagi generasi Z yang berstatus mahasiswa pada perguruan tinggi negeri di Kota Mataram sehingga mereka menggunakan fasilitas pembayaran non tunai. Temuan lainnya yaitu variabel fasilitas pembayaran non tunai (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian dalam transaksi e-commerce (Y). Hasil penelitian ini menjadi berguna bagi industri nasional secara umum maupun industri di Kota Mataram secara khusus untuk lebih fokus lagi pada penyediaan pembayaran via non tunai dan penjualan produk via e-commerce.

References

Aulia, S. (2020). Pola Perilaku Konsumen Digital Dalam Memanfaatkan Aplikasi Dompet Digital. Jurnal Komunikasi, 12(2), 311. https://doi.org/10.24912/jk.v12i2.9829

Davis, F. D., Bagozzi, R. P., & Warshaw, P. R. (1989). User Acceptance of Information Technology: A Comparison of Two Theoretical Models. Management Science, 35(8), 982–1003.

Fakhrudin, A. (2022). Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi dan Harga Berpengaruh Terhadap Keputusan Kuliah Penerbangan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Dirgantara, 15(1), 110–121. https://doi.org/10.56521/Manajemen-Dirgantara.V15I1.577

Ferdinand, A. (2002). Structural Equation Modelling (SEM) Dalam Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Irawan, I. C. (2020). Analisis e-marketing terhadap keputusan pembelian konsumen secara online. Journal of Business and Banking, 9(2), 247. https://doi.org/10.14414/jbb.v9i2.1907

Ismail, M., Sahabuddin , R., Idrus, M. I., & Karim, A. (2022). Faktor Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Online Marketplace pada Mahasiswa Universitas Hasanuddin. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 2022–2071. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1831

Kotler, P. (2003). Manajemen Pemasaran (Ke 11). Indeks Kelompok Gramedia.

Nawawi, H. H. (2020). Penggunaan E-wallet di Kalangan Mahasiswa. 3. http://ejournals.umma.ac.id/index.php/emik/article/view/697

Riduwan. (2008). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Alfabeta.

Santoso, G., & Triwijayati, A. (2018). Gaya Pengambilan Keputusan Pembelian Pakaian Secara Online pada Generasi Z Indonesia. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 11(3), 231–242. https://doi.org/10.24156/JIKK.2018.11.3.231

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Supangat, A. (2007). Statistika dalam Kajian Deskriptif, Inferensi, dan Nonparametrik (Pertama). Kencana Prenada Media Group.

Tri Ismawati A. Saleh, F., Syam, A., Jufri, M., Rakib, M., Asmayanti, Reski Nurkhikmah, A., & Sudarmi. (2023). Pengaruh Penggunaan Shopee Paylater Terhadap Pembelian Impulsif Pada Mahasiswa. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 347–357. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4165

Wijaya, K., & Handriyantini, E. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Behavioral Intention Pada Online Marketplace Menggunakan Model Utaut(Studi Kasus : Shopee). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi STI&K (SeNTIK), 4(1), 323–332.

Downloads

Published

2023-12-27

How to Cite

Reza, M. H., & Suastrini, F. (2023). Pengambilan Keputusan Pembelian dengan Penggunaan Fasilitas Pembayaran Non Tunai Dalam Transaksi E-Commerce pada Generasi Z . Valid: Jurnal Ilmiah, 21(1), 85–96. https://doi.org/10.53512/valid.v21i1.367

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.