Pengaruh Fintech dan Media Sosial Dalam Menumbuhkan Minat Membayar Zakat Infak dan Sedekah Pada Baznas Provinsi Nusa Tenggara Barat
Keywords:
fintech, minat membayar, infaq, media sosial, zakat, sedekahAbstract
Studi ini tujuannya guna menganalisis dampak positif fintech dan media sosial dalam menumbuhkan minat membayar zakat, infak dan sedekah pada BAZNAS Provinsi NTB. Sehingga variabel studi ini tersusun atas 2 variabel independen yakni fintech (X1) dan media sosial (X2) serta 1 variabel dependen yakni minat membayar zakat, infak, dan sedekah (Y). Studi ini memakai analisis kuantitatif asosiatif. Populasi di studi ini ialah 6230 pengikut media sosial Instagram @baznas_ntb. Sampel diambil dengan memakai sampling kuota. Data didapat dengan menyebarkan kuesioner kepada responden lewat direct message Instagram dan Instagram story @baznas_ntb hingga terkumpul 114 responden. Data dianalisis memakai SPSS 25 dengan uji regresi linear berganda. Hasil studi ini memperlihatkan fintech dan media sosial berdampak positif dalam menumbuhkan minat membayar zakat, infak, dan sedekah pada BAZNAS Provinsi NTB. Donatur merasa terbantu karena pembayaran dapat melalui berbagai aplikasi, pengguna hanya perlu scan barcode yang tersedia. Media sosial dapat meningkatkan kepercayaan kepada BAZNAS Provinsi NTB. Hal ini juga membuat masyarakat lebih tertarik untuk menunaikan zakat, infak, dan sedekah setelah melihat informasi di Instagram @baznas_ntb. Hasil studi ini juga menunjukkan bahwa fintech dan media sosial mampu mempengaruhi minat membayar yakni 49,5%, lalu sisanya terpengaruh variabel lain di luar model regresi di studi ini.
References
Alam, A., Ratnasari, R. T., Mua’awanah, C., & Hamidah, R. A. (2022). Generation Z perceptions in paying Zakat, Infaq, and Sadaqah using Fintech: A comparative study of Indonesia and Malaysia. Investment Management and Financial Innovations, 19(2), 320–330. https://doi.org/10.21511/imfi.19(2).2022.28
Anggreiny, S. (2021). Strategi penghimpunan ZIS (Zakat, Infaq dan Sedekah) melalui digital QRIS di BAZNAS Provinsi Kalimantan Tengah. Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya.
Anjaswati, N., & Berakon, I. (2022). Utaut Dan Kepuasan Berzakat Melalui Fintech: Peran Religiositas Sebagai Variabel Moderasi. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 3(2), 211–234. https://doi.org/10.24042/revenue.v3i2.13689
Bulutoding, L.-, & Anggeriani, W.-. (2018). AKUNTANSI ZAKAT: KAJIAN PSAK 109 (Studi Kasus Pada BAZNAS Kota Makassar). AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi, 11(1), 23–37. https://doi.org/10.35457/akuntabilitas.v11i1.446
Elzbieta Kubinska, Magdalena Adamczyk-Kowalczuk, & Anna Macko. (2023). Behavioral Finance in the Digital Era: Saving and Investment Decisions. https://doi.org/10.4324/9781003400066
Financial Stability Board. (2017). Financial Stability Implications from Fintech: Supervisory and Regulatory Issues that Merit Authorities’ Attention. Financial Stability Board, June, 1–61.
Gai, K., Qiu, M., & Sun, X. (2018). A survey on FinTech. Journal of Network and Computer Applications, 103, 262–273. https://doi.org/10.1016/j.jnca.2017.10.011
Gomber, P., Kauffman, R. J., Parker, C., & Weber, B. W. (2018). On the Fintech Revolution: Interpreting the Forces of Innovation, Disruption, and Transformation in Financial Services. Journal of Management Information Systems, 35(1), 220–265. https://doi.org/10.1080/07421222.2018.1440766
Kurniawati, K. (2020). Strategi Pengumpulan Dana ZIS Melalui Sistem Berbayar Nontunai QRIS dalam Meningkatkan Minat Donatur di BAZNAS Provinsi Bali. Widya Balina, 5(2), 240–249. https://doi.org/10.53958/wb.v5i2.68
Mashur, M., Riswandi, D., & Sibawaihi, A. (2022). Peran Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (analisis pengembangan Ekonomi Islam). Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 8(4), 634–639. https://doi.org/10.29303/jseh.v8i4.184
Nafi’, M. A. Y. (2020). Analisa Efektivitas Penyaluran Zakat BAZNAS Kabupaten Kudus. Ziswaf: Jurnal Zakat Dan Wakaf, 7(2), 151. https://doi.org/10.21043/ziswaf.v7i2.8647
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.
Ningsih, W. (2021). Pengaruh Media Sosial Lazismu Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Muzakki Di Lazismu Kota Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Nugraha, D. P., Setiawan, B., Nathan, R. J., & Fekete-Farkas, M. (2022). Fintech Adoption Drivers for Innovation for SMEs in Indonesia. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 8(4). https://doi.org/10.3390/joitmc8040208
Nurfakhira, A. (2021). Pengaruh Pemrosesan Pesan di Akun Instagram @lawancovid19_id Terhadap Sikap Pengikutnya Untuk Mematuhi Protokol Kesehatan. Universitas Padjajaran.
Nursansini, D. A., & Armiani, A. (2024). Peran Media Sosial Meningkatkan Penjualan UMKM di NTB. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(1), 76–86. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i1.1007
Nursansiwi, D. A., & armiani. (2024). The Role of Fintech in Financial Inclusion (Case Study of MSME Entrepreneurs in Surabaya). Management Studies and Business Journal (PRODUCTIVITY), 1(3), 325–339. https://journal.ppipbr.com/index.php/productivity/index
Nursansiwi, D. A., & Armiani. (2023). Peran Strategi Bisnis Fintech Payment Gateway dalam Meningkatkan Kinerja UMKM di NTB. Owner : Riset & Jurnal Akuntansi, 7(1), 367–378. https://doi.org/https://doi.org/10.33395/owner.v7i1.1219
Puskas BAZNAS. (2022). Indeks Literasi Zakat 2022 Buku 2 - Wilayah Sumatera, Jawa Bali, Nusa Tenggara, dan Kalimantan.
Puskas BAZNAS, & Kementerian Agama Republik Indonesia. (2020). Indeks Kepatuhan Syariah Organisasi Pengelola Zakat: Teori dan Konsep (Vol. 21, Issue 1).
Rusdi, Armiani, & I Made Murjana. (2023). Pengaruh Media Sosial, E-Commerce, dan Website terhadap Kinerja UMKM pada UMKM Tenun di Lombok Tengah. Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 1(4), 169–177.
Sahrul. (2021). Upaya Penggunaan Media Sosial Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Membayar Zakat Mal (Studi Kasus Baznas Kota Parepare). Institut Agama Islam Negeri Parepare.
Sayidah, N. (2019). Penerapan Akuntansi Zakat Dan Infak / Sedekah Pada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Analisa Akuntansi Dan Perpajakan, 2(2), 72–85. https://doi.org/10.25139/jaap.v2i2.1395
Septieva, Z. (2022). Analisis Pemanfaatan Teknologi Dalam Penerimaan Zakat, Infak dan Sedekah Pada Lembaga Amil Zakat (LAZ) Yayasan Insan Madani Jambi (Studi Kasus Yayasan Insan Madani Jambi ). Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifudin Jambi.
Shahnaz, S. (2016). The Application of Psak No . 109 About Financial Accounting. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(01), 449–458.
Shahzad, A., Zahrullail, N., Akbar, A., Mohelska, H., & Hussain, A. (2022). COVID-19’s Impact on Fintech Adoption: Behavioral Intention to Use the Financial Portal. Journal of Risk and Financial Management, 15(10). https://doi.org/10.3390/jrfm15100428
Shobah, A. N., & Rifai, F. Y. A. (2020). Konsep Ekonomi Islam dalam Peningkatan Kesejahteraan Mustahiq Melalui Zakat Produktif (BAZNAS) Kabupaten Purworejo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 521. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1270
Syahdani, I. (2022). Analisis Fundraising ZIS Melalui Sistem Digital Terhadap Minat Donatur Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Pada BAZNAS Kota Bandar Lampung). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Wahyu, A. R. M., & Anwar, W. A. (2020). Sistem Pengelolaan Zakat Pada Baznas. Al-Azhar Journal of Islamic Economics, 2(1), 12–24. https://doi.org/10.37146/ajie.v2i1.31
Zuliansyah, A., Pratomo, D., & Supriyaningsih, O. (2022). The Role of Financial Technology (Fintech) in ZIS Management to Overcome Poverty. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 5(1), 203–224. https://doi.org/10.31538/iijse.v5i1.1794
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sofiati Wardah, Armiani Armiani, M. Alfin Khalil Gibran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.