Peran Perempuan dalam Mendorong Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal sebagai Pengerak Destinasi Pariwisata di Perbatasan
DOI:
https://doi.org/10.53512/valid.v21i1.348Keywords:
perempuan, pariwisata, ekonomi kreatif, perbatasanAbstract
Keberdaaan kampung kreatif tentunya menjadi bentuk persatuan persaudaraan di Desa Jagoi Sekida, masyarakat bersatu padu untuk dapat mengelola kampung kreatif tersebut untuk dapat dikenal oleh masyarakat luar. Berdasarkan hasil observasi, bahwa kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat di Desa Jagoi Kindau melalui anyaman membangkitkan ekonmi kreatif dan mendorong destinasi pariwisata, untuk itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk dapat mengetahui gambaran Peran perempuan dalam mendorong ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal sebagai pengerak destinasi pariwisata di perbatasan. Penelitian ini merupkan penelitian kualitatif fenomenologi, data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi penarikan kesimpulan dengan teknik ini diterapkan melalui tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi/ triangulasi. Hasil penelitian menunujukan bahwa gambaran perempuan dalam mendorong ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal sebagai pengerak destinasi pariwisata di perbatasan dimana perempuan terlibat dalam perencanaan periwisata dan pelaksanaan pariwisata di Daerah perbatasan selain itu peran perempuan dalam atraksi, memiliki kontribusi cukup banyak, dimana perempuan bertanggung jawab dalam kegaiatan penyediaan anyaman rotan yang ditampilkan pada saat event, perempuan juga berperan sebagai pemandu wisata dimana perempuan memebrikan informasi terkait anyam-anyaman yang dihasilkan, bagaimana sejarah anyaman.
References
Amir, M. (2017). Kebijakan Ekonomi Kreatif Berbasis Industri Kerajinan Unggulan dalam Upaya Mengangkat Kearifan Lokal Kabupaten Tuban. Cakrawala, 11(2), 157–169.
Arofah, S. (2018). Kajian Pengembangan Kampung Kreatif Studi Kasus Kampung Kreatif Cibunut, Kelurahan Kebon Pisang. Jurnal Wilayah Dan Kota, 5(02), 32–38. https://doi.org/10.34010/jwk.v5i02.2160
Bekraf. (2015). Rencana Strategis Badan Ekonomi Kreatif 2015-2019.
Desnamita, M. P. Y. I. S. (2020). Partisipasi Masyarakat Dalam Kreativitas Pengembangan Wisata Kampung Tematik (Studi Kasus: Kampung Pulo Geulis, Kota Bogor, Jawa Barat). Journal of Tourism Destination and Attraction, 8(1), 11–22.
Ewid, A., & Vuspitasari, B. K. (2020). Single mother Dalam Membangun Ekonomi Keluarga. 11(2), 83–91.
Gracia, A. S. N. P. (2021). Analisis Potensi Pengembangan Kampung Wisata Kreatif Desa Sekida Kecamatan Jagoi Babang. JeLAST : Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang, 8(1), 1–10.
Hasan, M. (2018). Pembinaan Ekonomi Kreatif Dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 81. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5063
Husni, T. (2013). Kearifan Lokal dalam Pelestarian Lingkungan ( The Lokal Wisdom in Environmental Sustainable ). Kutubkhanah, 16(1), 46–59.
Kresna, M. P. Y. G. A. M. I. W. A. (2017). Creativity Based Tourism In Kampung Kreatif Dago Pojok Bandun. Journal of Tourism Destination and Attraction (JTDA), 6(1), 15–24.
Kurniawati, S. (2013). Peluang Dan Tantangan Ekonomi Kreatif Dalam Pembangunan Nasional. Semnas Fekon, 1–7.
Nina, H. A. S. S. R. R. (2014). PELAKSANAAN PERAN TIM PENGGERAK PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) DALAM MEMBERDAYAKAN PEREMPUAN (Studi tentang Program Pendidikan dan Keterampilan di Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 2(5), 851–856.
Permenparekraf. (2020). Peraturan Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif/ Kepala Badan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Tahun 2020-2024. 1–125. www.jdih.kemenparekraf.go.id
Prima, P. G. I., & Kearifan. (2013). Bidai: Seni Kriya Menembus Pasar Malaysia. In Kearifan Lokal dan Lingkungan. PT GADING INTI PRIMA dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2013.
Sofyan, H., & Toriq, I. (2018). Peran Media Digital dalam Perkembangan Industri Kreatif. Festival Riset Ilmiah Manajemen & Akuntansi, 676–681. http://www.bekraf.go.id/berita/page/10
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Benedhikta Kikky Vuspitasari, Shanti Veronica br Siahaan, Usman Usman, Veneranda Rini Hapsari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.