Motivasi dan Minat Berwirausaha yang dipengaruhi oleh Faktor Social Demoghrafic, Personal Attitude, dan Contextual di Kalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di Mataram
DOI:
https://doi.org/10.53512/valid.v20i2.275Keywords:
: social demographics, personal attitude, contextual, motivasi, minatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan antara social demoghrafi, personal attitude, dan contextual terhadap motivasi dann minat mahasiswa berwirausaha, Penelitian ini didesain dengan pendekatan penelitian kuantitatifyang ditujukan untuk melihat pengaruh antar variabel dalam penelitian. Tehnik sampling yang digunakan adalah tehnik nonprobability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden.alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pengukuran skala simantik differensial. Alat pengolahan data menggunakan structure equation modeling. Pengolahan data penelitian dimulai dengan pengujian analisis factor confirmatory (CFA) eksogen dan endogendan menghasilkan terpenuhinya syarat CFA eksogen dan endogen. Sehinga hasil pengolahan data menunjukkan bahwa pengaruh social demografi, personal attitude, dan kontekstual berpengaruh signifikan terhadap motivasi berwirausaha, social demografi, personal attitude, dan kontekstual tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha, dan motivasi berirausaha berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha.
References
Dewi, A. V., & Mulyatiningsih, E. (2013). Terhadap Motivasi Berwirausaha Siswa The Effect Of Entrepreneurship Education Experiences And Vocational Skills On The Entrepreneurship Motivation. Jurnal Pendidikan Vokasi PENDAHULUAN, 460, 163–177.
Murapi, I., Astarini, D. A. O., & Subudiartha, I. N. (2021). Tingkat Pengangguran Akibat Covid-19 di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Riset, Ekonomi, Akuntansi Dan Perpajakan (Rekan), 2(1), 21–30. https://doi.org/10.30812/rekan.v2i1.1116
Ranto, dwi wahyu pril. (2016). Membangun Perilaku Entrepreneur Pada Mahasiswa Melalui Entrepreneurship Education. Jbma, 3(1), 79–86.
Rochayati, U., Setia, M., & Sari, A. K. (n.d.). PENGARUH FAKTOR SOSIODEMOGRAFI, SIKAP, DAN KONTEKSTUAL TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA SISWA Umi. 154–163.
Rosmiati, Junius, D. T. S., & Munawar. (2015). Sikap, Motivasi, dan Minat Berwirausaha Mahasiswa di Surabaya. JKMP (Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik), 17(2), 183–200. https://doi.org/10.21070/jkmp.v5i2.1310
Segal, G., Borgia, D., & Schoenfeld, J. (2005). The motivation to become an entrepreneur. International Journal of Entrepreneurial Behaviour and Research, 11(1), 42–57. https://doi.org/10.1108/13552550510580834
Waluyo, M. (2019). Mudah Cepat Tepat Penggunaan Tools Amos Dalam Aplikasi (SEM). UPN Jatim, 31.