Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada KSP Sada Roha Jaya Di Ranjok Kota Mataram

Authors

  • Dewi Berliana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM
  • Satriawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM
  • Lalu Mimbar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM

DOI:

https://doi.org/10.53512/kredibel.v3i1.494

Keywords:

Service Quality, Customer Satisfaction and Member Loyalty

Abstract

This study aims to determine the partial and simultaneous the effect of service quality and customer satisfaction partially and simultaneously on member loyalty and the variable that has the most dominant influence between service quality and customer satisfaction on member loyalty at Ksp Sada Roha Jaya in Ranjok, Mataram City. The population in this study is unknown so the sample was determined using the nonprobability sampling method and accidental sampling technique. So the number of samples determined was 100 respondents. The statistical test tool used is multiple linear regression analysis. The results of this study show that partially the variables of service quality and customer satisfaction have a positive and significant effect on member loyalty, simultaneously the variables of service quality and customer satisfaction have a significant effect on member loyalty. Furthermore, the variable that has the most dominant effect is service quality.

References

Andini, N., & Iskandar, I. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Anggota Terhadap Loyalitas Anggota Pada Koperasi Pengayoman Pegawai Departemen Kehakiman (Kppdk) Republik Indonesia. Konferensi Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi, 1(1).

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 (Edition 10). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan (Pertama). UNITOMO PRESS.

Lupiyoadi, dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Mahastika, I. M., & Wilyadewi, I. I. D. A. Y. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Koperasi Simpan Pinjam Artha Sedana di Tabanan. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 1(2), 479–490.

Putri, C. U. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Anggota Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah (Kspps) Anugerah Syariah Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung TEMANGGUNG. 1–70. https://lib.unnes.ac.id/29614/1/7101413025.pdf

Silaban Clara. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Koperasi “Sumber Makmur” Berbasis Syariah Di Desa Sumberbening Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D.Bandung: CV. Alfabeta

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian.Bandung: CV. Alfabeta.

Siswoyo, Erik. 2009. “Analisis Pengaruh Pelayanan, Kepercayaan, dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah pada PT Bank Jateng Pemuda Semarang”, dalam Jurnal Ultima Manajemen, Vol. 14, No. 2.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta

Suwito, J. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cv Global Ac Banjarbaru. KINDAI, 14(3).

Syafii, M., & Shobiha, L. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Koperasi Bina Syariah Ummah Wadeng Sidayu Gresik. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif, 3(2), 74–80.

Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & satisfication. (Andi (ed.)). Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2004. Manajemen Jasa. Penerbit Andi Edisi Kedua : Yogyakarta Setiawan, Multo Budi dan Ukudi. 2010. Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan dan Komitmen terhadap loyalitas nasabah pada PT BPR Bank Pasar Kenda. Jurnal Bisnis dan Ekonomi: Vol.14 No. 2

Vanessa, Gaffar. 2007. Customer Relationship Management and Marketing Public Relations. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, D. R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada Ksp Anugerah Mandiri Cabang Mranggen). Solusi, 18(2).

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Dewi Berliana, Satriawan, & Lalu Mimbar. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada KSP Sada Roha Jaya Di Ranjok Kota Mataram. Kredibel: Jurnal Ilmiah Manajemen, 3(1), 241–256. https://doi.org/10.53512/kredibel.v3i1.494