Pengaruh Kualitas Produk, Diferensiasi Produk, Perilaku Konsumen, dan Inovasi Pemasaran terhadap Kinerja Bisnis Pada Industri Rotan di Kabupaten Cirebon

Authors

  • Dadang Suhardi Universitas Kuningan, Jawa Barat, Indonesia
  • Wely Hadi Gunawan Universitas Kuningan, Jawa Barat, Indonesia
  • Micki Watulandi Universitas Kuningan, Jawa Barat, Indonesia

Abstract

Industri rotan adalah salah satu usaha kecil dan menengah (UKM)  yang berkontribusi signifikan terhadap pendapatan daerah di Kabupaten Cirebon. Industri rotan sebagai komoditas ekspor unggulan dengan total nilai ekspor mencapai 428 juta USD pada tahun 2022. Nilai ekspor ini menunjukkan  penurunan, pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar terhadap penjualan industri rotan  di Kabupaten Cirebon yang menurun sebanyak 80% terutama sektor ekspor. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisa apakah kualitas produk, diferensiasi produk, prilaku konsumen, dan inovasi pemasaran berpengaruh terhadap kinerja bisnis pada industri rotan di kabupaten Cirebon. Jumlah sample dalam penelitian ini berjumlah 120 responden pelaku usaha industri kerajinan rotan di Kabupaten Cirebon yang diambil menggunakan teknik random sampling. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa Kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Inovasi Marketing, Perilaku Konsumen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Inovasi Pemasaran, Deferensiasi Produk tidak terbukti memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Inovasi Pemasaran, Inovasi Pemasaran memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja bisnis, Kualitas produk terbukti memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja bisnis , Diferensiasi Produk tidak terbukti memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap Inovasi Pemasaran, Diferensiasi Produk memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja bisnis.

References

Anisa, N., & Riyanto, S. (2020). Effect of Business Performance and Working Culture on Consumer Buying Decisions During Pandemic Covid-19. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 5(6), 620–624. https://doi.org/10.38124/ijisrt20jun485

Chege, J., Kimutai, G., & Kibet, Y. (2018). Effectiveness of differentiation Strategy on business performance of Kenyan betting companies. Journal of Business and Management, 20(7), 22–27. https://doi.org/10.9790/487X-2007062227

Chung, S., Animesh, A., Han, K., & Pinsonneault, A. (2014). Firms’ social media efforts, consumer behavior, and firm performance. 35th International Conference on Information Systems “Building a Better World Through Information Systems”, ICIS 2014, 1–20.

Cvjetković, M., Vasiljević, M., Cvjetković, M., & Josimović, M. (2021). Impact of quality on improvement of business performance and customer satisfaction. Journal of Engineering Management and Competitiveness, 11(1), 20–28. https://doi.org/10.5937/jemc2101020c

Dirisu, J. I., Iyiola, O., & Ibidunni, O. S. (2013). Product Differentiation: A tool of competitive advantage and optimal organizational performance (A study of Unilever Nigeria PLC). European Scientific Journal, 9(34), 258–281. http://eujournal.org/index.php/esj/article/viewFile/2174/2059

Etikan, I. (2017). Sampling and Sampling Methods. Biometrics & Biostatistics International Journal, 5(6), 215–217. https://doi.org/10.15406/bbij.2017.05.00149

Hardoni. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Issue January).

Heizer, J., Render, B., & Munson, C. (2015). Operations Management: Sustainability and Supply Chain Management. Pearson. https://books.google.co.id/books?id=_a8gswEACAAJ

Javanmard, H., & Hasani, H. (2017). The Impact of Market Orientation Indices, Marketing Innovation, and Competitive Advantages on the Business Performance in Distributer Enterprises. Journal of Industrial Distribution & Business, 8(1), 23–31. https://doi.org/10.13106/ijidb.2017.vol8.no1.23.

Kiama, M. P., Kagiri, A. W. K., & Kiama, M. P. (n.d.). Effects of Product Differentiation Strategies on Organizational Competitiveness : A Case of EABL , Kenya Effects of Product Differentiation Strategies on Organizational Competitiveness : A Case of EABL , Kenya.

Kochar, R., & Kaur, H. (2018). A Review of Factors Affecting Consumer Behavior towards Online Shopping. International Journal of Engineering and Management Research, 8(4), 54–58. https://doi.org/10.31033/ijemr.8.4.6

Kotler, P., Keller, K., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2019). Marketing Management. Pearson. https://books.google.co.id/books?id=_-2hDwAAQBAJ

Naini, N. F., Sugeng Santoso, Andriani, T. S., Claudia, U. G., & Nurfadillah. (2022). The Effect of Product Quality, Service Quality, Customer Satisfaction on Customer Loyalty. Journal of Consumer Sciences, 7(1), 34–50. https://doi.org/10.29244/jcs.7.1.34-50

Rosli, M. M., & Sidek, S. (2013). The Impact of Innovation on the Performance of Small and Medium Manufacturing Enterprises: Evidence from Malaysia. Journal of Innovation Management in Small & Medium Enterprise, 2013, 1–16. https://doi.org/10.5171/2013.885666

Saekoko, A. N., Nyoko, A. E. L., & Fanggidae, R. P. C. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Smartphone Xiaomi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Smartphone Xiaomi Di Universitas Nusa Cendana). Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 11(1), 49–64. https://doi.org/10.35508/jom.v11i1.2318

Sembiring, M. J., Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2022). The Impacts of Product Quality, Promotion, Brand Association, Purchase Decisions on Japanese Motorcycles. Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 16(2), 214. https://doi.org/10.24843/matrik:jmbk.2022.v16.i02.p03

Udriyah, Tham, J., & Ferdous Azam, S. M. (2019). The effects of market orientation and innovation on competitive advantage and business performance of textile smes. Management Science Letters, 9(9), 1419–1428. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.5.009

Wahyono, S. T. P. D. (n.d.). Pengaruh Inovasi Dan Kualitas.

Downloads

Published

2024-07-05

How to Cite

Suhardi, D., Gunawan, W. H., & Watulandi, M. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Diferensiasi Produk, Perilaku Konsumen, dan Inovasi Pemasaran terhadap Kinerja Bisnis Pada Industri Rotan di Kabupaten Cirebon . Valid: Jurnal Ilmiah, 21(2), 226–231. Retrieved from https://journal.stieamm.ac.id/valid/article/view/408