Analisis Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi Dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Situs E-Commerce Shopee

Authors

  • Firdaus Algadri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM
  • Indah Ariffianti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM
  • Ulfiyani Asdiansyuri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM

Keywords:

Ease of Use of Applications and Shopping Experience.

Abstract

This study aims to analyze the effect of ease of use of applications and shopping experience on online buying interest in shopee e-commerce sites (case study of Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM Mataram students). Type associative research. Population were Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM Mataram students. sample used 97 respondents. Data collection technique used questionnaire. Data analysis using multiple linear regression analysis shows (Y = 5.921 + 0.206X1 + 0.425X2). Based on results of hypothesis testing partially ease of use of the application does not have significant effect on buying interest with t value 1.703 < t table 1.985, and shopping experience has significant effect on buying interest with t value 3.497 > t table 1.985. Simultaneously ease of use of the application, shopping experience has significant effect on buying interest with F count 17.348> F count 3.09 with significance of 0.000. Shopping experience is most dominant variable affecting buying interest with beta value 0.385.

References

Afriliya, A. N. (2022). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi, Pengalam Berbelanja, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Situs Jual Beli Shopee. SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMM MATARAM Mataram.

Andryanto, R. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Beli di Toko Online (Studi Empiris yang Dilakukan Pada OLX.co.id di Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta.

Asdiansyuri, U. (2020). Analisis Pengaruh Religiusitas, Etika Bisnis Islam Terhadap Minat Beli Online Mahasiswa (Studi Kasus Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM Mataram Mataram). Jurnal Kompetitif Media Informasi Ekonomi Pembangunan, Manajemen Dan Akuntansi.

Basu Swasta dan Hani Handoko. (2015). Manajemen Pemasaran : Analisa dan. Perilaku Konsumen. BPFE.

Juliana, J. T. N. I. B. H. and I. B. (2020). Ease Of Use Dan Trust Terhadap Purchase Intention Melalui Customer Satisfaction Pada Situs Web Tokopedia. Jurnal Ecodemia.

Nurrahmanto, P. A. (2015). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kenikmatan Berbelanja, Pengalaman Berbelanja Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Konsumen Di Situs Jual Beli Online Bukalapak.Com. Universitas Diponegoro.

Perdana, A. S. (2019). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi, Pengalaman Berbelanja, Kepercayaan Konsumen, Dan Promosi Terhadap Minat Beli Mahasiswa Fkip Unila Di Situs Jual Beli Online Shopee. Universitas Lampung.

Peter, J. P. dan J. C. O. (2013). Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. Salemba Empat

Riyanto, S. & H. A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish..

Rizkiawan. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Pengalaman Pembelian Terhadap Minat Beli Konsumen Secara Online Di Kalangan Masyarakat Sangatta (Studi Kasus Pada E-Commerce Shopee). Jurnal Akuntansi Politeknik Negeri Samarinda.

Tjiptono Fandy, A. D. (2020). Pemasaran, Marketing Managemen (15th Edition). Penerbit Andi Yogyakarta Kotler, P., & Keller, K. .

Vermaat. (2018). Digital Technology, Data And Devices (Vermaat, Ed.). Cengage Learning.

Downloads

Published

2024-08-27

How to Cite

Firdaus Algadri, Indah Ariffianti, & Ulfiyani Asdiansyuri. (2024). Analisis Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi Dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Situs E-Commerce Shopee. Kredibel: Jurnal Ilmiah Manajemen, 2(4), 168–179. Retrieved from https://journal.stieamm.ac.id/kredibel/article/view/476