Pengaruh Kesesuaian Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel Aston Inn Mataram
Keywords:
Price Concordance, Promotion, Service Quality and Customer LoyaltyAbstract
This research aims to examine the influence of price suitability, promotion and service quality on customer loyalty at the Aston Inn Mataram Hotel. This type of research is associative. Research population of Aston Inn Mataram Hotel customers. The sample was 60 respondents. Questionnaire data collection techniques. Data analysis using multiple linear analysis shows (Y = 0.145 – 0.099X1 + 0.032X2 + 1.026X3 + e). Based on the results of partial hypothesis testing, price suitability has no significant effect on customer loyalty at the Aston Inn Mataram Hotel with a t value of -0.678 < 2.003, promotions have no significant effect on customer loyalty at the Aston Inn Mataram Hotel with a t value of 0.271 < 2.003, and service quality has an effect significant to Aston Inn Mataram Hotel customer loyalty with a calculated t value of 6.233 > 2.003. Simultaneously, suitability of price, promotion and service quality have a significant effect on customer loyalty at the Aston Inn Mataram Hotel with F count 50.376 > 2.76 with a significant value of 0.000 < 0.05. Service quality is the most dominant variable that influences customer loyalty at the Aston Inn Mataram Hotel with a beta value of 0.897.
References
Abdurrahman, & Sanusi. (2015). Manajemen Strategi. CV. Pustaka.
Agoda.(2022,September 26). Hotel Berbintang Di Lombok, Kota Mataram. https://www.google.com/travel/=hotel+berbintang+dilombok+mataram&ts. Di akses pada Jum’at, 23 Juni 2023.
Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dimediasi kepuasan pelanggan pada konsumen gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94.
Apriani, P., & Nainggolan, B. M. H. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP DI MORRISSEY HOTEL JAKARTA. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(11), 2445–2456.
Ardani, Weni. (2023). Pengaruh Kepemimpinan, Disiplin Kerja, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Anggota Kepolisian (Studi Kasus Pada Sat Samapta Polres Sumbawa Barat). (Skripsi Sarjana Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM Mataram).
Arwin, A., & Hutagalung, D. S. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Sari Melati Kencana Pematangsiantar. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 3(1), 189–198.
Budiono, A. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, promosi, dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan melalui keputusan pembelian. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 17(02), 1–15.
Haling, F. C. S. S. (2022). Pengaruh Promosi, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menginap Di Selyca Mulia Hotel Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL, 10(1), 50–64.
Hasan. (2015). Toufism Marketing. Acadimic Publishing Service.
Hastoko, Y. P., & Stevany, S. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, dan lokasi terhadap keputusan menginap di hotel POP Kelapa Gading. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(9), 4106–4115.
Ibrahim. (2000). Pembelajaran Kooperatif. UNESA.
Juniantara, I. M. A., & Sukawati, T. G. R. (2018). Pengaruh persepsi harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan dampaknya terhadap loyalitas konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(11), 5955.
Kasmir. (2017). Customer Service Excellent . PT. Raja Grafindo.
Katemung, L. T. S., Kojo, C., & Rumokoy, F. S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menginap Pada Hotel Genio Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(2).
Kotler, P. (2016). Marketing Management (Edisi ke 15). London Pearson Education .
Mazlan, M, Latif (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Sumber Utama Nusantara Medan. (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara).
NTB, Diskominfotik. (2022). Jumlah Hotel Bintang, Kamar dan Tenaga Kerja Hotel Bintang di Provinsi NTB. https://data.ntbprov.go.id/dataset/jumlah-hotel-bintang-kamar-dan-tenaga-kerja-hotel-bintang-di-provinsi-ntb. Di akses pada Jum’at, 23 Juni 2023.
Putra, T. R., & Hidayat, I. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menginap Di Hotel Maumu Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 7(3).
Rahayu, S., & Syafe’i, D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(2), 2107–2192.
Sinaga, J., Kamase, J., & Arfah, A. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Hotel Claro Makassar. Journal of Management Science (JMS), 3(1), 80–103.
Stellamaris, W. M. (2019). Analisis Pengaruh Kesesuaian Harga, Efektivitas Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Zest Hotel Jemursari Surabaya. Agora, 7(1).
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA.
Tambah, A. (2022). Pengaruh promosi, harga, kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen pada pengguna Traveloka. EKONOMI DAN BISNIS (EKOBIS) 45, 1(1), 1–7.
Thungasal, C. E. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Kasuari. Agora, 7(1).
Yulita, R. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA GRAND HAWAII HOTEL PEKANBARU. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(01), 115–124.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rofika Dwi Yatnas, Zulkarnaen, Ulfiyani Asdiansyuri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.