Penyuluhan UMKM Go Ekspor (Strategi Jualan Online Di Pasar Internasional) Pada Pelaku UMKM di Desa Gerogol Lombok Barat
Kata Kunci:
Go Export, UMKM, Desa Gerogol, Lombok BaratAbstrak
Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi pada pelaku UMKM terkait Strategi Jualan Online di Pasar Internasional sehingga ada nilai tambah dan profitabilitas bagi pelaku usaha UMKM di Desa Gerogol. Sasaran pengabdian adalah pelaku UMKM yang terdaftar dan sudah memiliki izin usaha di Desa Gerogol. Permasalahan diselesaikan dalam tiga tahapan kegiatan yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Persiapan dilakukan dengan melakukan interviu pendahuluan untuk mengetahui kondisi di lapangan mengenai masalah dasar tidak berkembangnya UMKM di Desa Gerogol. Pelaksanaan dilakukan dengan memberikan penyuluhan bagaimana menciptakan nilai tambah untuk usaha dari masing-masing pelaku UMKM di Desa Gerogol. Evaluasi kegiatan dilakukan untuk masing-masing tahap dengan mengumpulkan dan menyimpulkan data dari masing-masing tahapan kegiatan. Hasil kegiatan penyuluhan Strategi Jualan Online di Pasar Internasional pada UMKM di Desa Grogol Lombok Barat menunjukkan tingkat atusias yang tinggi dari pelaku UMKM karena adanya peluang baru untuk meningkatkan skala bisnis dan profit.
Referensi
Ayu Nursanty, I., Syakbani, B., Amrul, R., Fariantin, E., Nengah Arsana, I., Made Murjana, I., Wahyullah, M., Pratama Agusfianto, N., Setiawati, E., & Faizathul Octavia, Y. (2025). Valid Jurnal Pengabdian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM Mataram Penggunaan Media Sosial Untuk Memasarkan Abon Pada UKM Abon Hasanah Di Desa Kediri Selatan Kabupaten Lombok Barat (Vol. 3, Issue 2).
Gelogor, Kediri, Lombok Barat. (n.d.). https://id.wikipedia.org/wiki/Gelogor,_Kediri,_Lombok_Barat
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM Mataram. 2024. Panduan Penyusunan Laporan Pengabdian pada masyarakat. Mataram: LP3M.
Tim Diseminasi (Ed.). (2024). KECAMATAN KEDIRI DALAM ANGKA Kediri District in Figures 2024. https://web-api.bps.go.id/download.php?f=ACdPMnl6sg1LCoBMWX8lUUI5cmwzOTJuVnlCdmNzTUJaTUZJMnFSWVpMM24weGRXVk0ralNybHpsNmtpcC8wZ3VpUld0MnlxdTF1a2NhTXYrcG00endHaXdMQk1GMDVGZmwyYzRDYkIyWUh0WENFSFpPRUp6TmI3M1NwSm1GM3NwQUM1c2Q5VnMzR3pRVTI0UW01YUt2UDFUbzRTWXJpL1
Wardah, S., Wardani, R., Ratna Mutia, G., Amri, S., Saori, S., Desthania Prathama, B., Reno Kemala Sari, P., & Ertin Helmida, B. (2025). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Pemasaran UMKM Gerabah Di Desa Banyumulek. In Valid Jurnal Pengabdian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM Mataram (Vol. 3, Issue 1).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rusdi, Armiani, Ni Nyoman Yuliati, Sukma Hidayat Kurnia Abadi, I Made Suardana, Endang Kartini, Baiq Kisnawati, Khaerul Hadi, Surahman Hidayat, Ulfiyani Asdiansyuri, faizatul

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.