MOTIVASI WIRAUSAHA DAN INOVASI PRODUK “ABON IKAN TUNA” PADA KELOMPOK UMKM BERIUK MAJU DI DUSUN MUARA PUTAT DESA PEMENANG TIMUR KECAMATAN PEMENANG KABUPATEN LOMBOK UTARA PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT
Kata Kunci:
abon, ikan tuna, inovasi, pemasaranAbstrak
Desa Pemenang Timur adalah desa yang berlokasi di kecamatan Pemenang, kabupaten Lombok Utara. Desa ini merupakan sebuah desa yang banyak memiliki daerah tujuanpariwisata karena posisinya berhadapan langsung dengan obyek wisata Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan dan memilikilahanpertanian yang cukup luas. Dusun Muara Putat memiliki potensi pengembangan UMKM Beriuk Maju yang sangat menjanjikan yaitu olahan ikantuna menjadi produk abon ikan tuna.Produk abon ikan tuna ini merupakan produk yang pernah dijadikan sebagai produk UMKM yang pernah menjadi sumber penghasilan mereka tetapi sejak adanya kejadian gempa di Pemenang tahun 2018 yang mengakibatkan produksi abon ikan tuna ini berkurang dan juga sejak munculnya pandemic virus covid-19 yang menyebabkan produksi abon ikan ini berhenti secara total. Untuk memotivasi dan mengembangkan kembali produk abon ikan tuna yang pernah mereka produksi agar dapat di produksi kembali dengan memberikan sebuah inovasi yang lebih menarik dari produk sebelumnya baik dari segi pengemasan, varian rasa, dan juga pemberian logo. Setelah dilakukan motivasi dan pendampingan pada UMKM Beriuk Maju, berhasil diproduksi kembali abon ikan tuna denganberbagai varian rasa dan dengan pengemasan yang baru.Pemasaran abon ikan tuna selain dipasarkan disekitar kecamatan Pemenang, dipasarkan juga melalui medsos, dan berhasil memperoleh keuntungan yang cukup untuk pengembangan UMKM di masa mendatang dan mampu bersaing dengan produk abon ikan yang lainnya
Referensi
Profil Desa Pemenang Timur,2022.
Irianto. 2011. Entrepreneurship, Harapan dan Tantangan, Avesina, Vo. 3 No.1
https://www.alodokter.com/ Bijak mengkonsumsi ikan tuna