PENINGKATAN STRATEGI PENJUALAN UMKM MELALUI PEMASARAN DIGITAL SETELAH MASA PANDEMI COVID 19 PADA DEPOT IRAMA CAKRA BARAT MATARAM

Penulis

  • Erviva Fariantin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM
  • Ulfiyani Asdiansyuri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM
  • Rosyia Wardani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM
  • Vina Arwa Pertiwi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM

Kata Kunci:

pemasaran digital

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman akan pentingnya penggunaan internet guna meningkatkan strategi penjualan produk dan memberikan pemahaman dalam upaya penggunaan digital sebagai media dalam pemasaran. Metode yang dilakukan memberikan ceramah melalui pendekatan dan pendampingan secara terus menerus selama 2 (dua) hari. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, depot remaja akan dapat meningkatkan penjualannya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dengan cara membuat aplikasi facebook dan Instagram, sehingga pemilik depot remaja menjadi paham dan tidak lagi buta dalam penggunaan gadget dan media sosial dalam mengembangkan usaha

Referensi

Afiah, Nunuy Nur (2009). Beberapa Peran Kewirausahaan dalam Mengatasi tantangan di UMKM.
Assauri, Sofjan. (2004). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.
Chaffey, D & Smith, P.R (2008). e-Marketing Excellence : Planning and optimizing your digital marketing. USA : Elsevier.
Dewi, N. N. K. A., & Warmika, I. G. K. (2017). Pengaruh Internet Marketing, Brand Awareness, Dan Wom Communication Terhadap Keputusan Pembelian Produk Spa Bali Alus. E-Jurnal Manajemen Udayana, 6(10), 5580–5606.
Handajani, L., Akram, Furkan, Rifa’i (2019). Penggunaan Pemasaran Digital Pada Usaha Home Industry Kopi Lombok. Jurnal Abdi Insani LPPM Unram.
Hapsoro BB, Palupiningdyah, Slamet A. 2019. Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. Abdimas 23 (2).
Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil. JIBEKA, 11(2).
Suryani I. 2014. Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Produk dan Potensi Indonesia dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf RI dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat). Jurnal Komunikasi, 8 (2), 123- 138.
Taiminen, H.M & Karjaluoto, H (2014). The usage of digital marketing channels in SMEs. Journal of Small Business and Enterprise Development Vol. 22 No. 4, 2015.
Yasmin A, Tasneem S, Fatema K. 2015. Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age: An Empirical Study. International Journal of Management Science and Business Administration, 1 (5), 69-80.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-22

Terbitan

Bagian

Articles