Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Literasi Digital Dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung Generasi Z Pada Bank Syariah Di Mataram

Authors

  • Irma Aulia STIE AMM Mataram
  • Irianto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM
  • Hj. Erviva Fariantin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM

Keywords:

Islamic Financial Literacy, Digital Literacy, Religiosity, Saving Interest, Islamic Banks

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi keuangan syariah, literasi digital, dan religiusitas terhadap minat menabung generasi Z pada Bank Syariah di Mataram. Variabel penelitian ini terdiri dari tiga variabel independen, yaitu literasi keuangan syariah (X1), literasi digital (X2), dan religiusitas (X3), serta satu variabel dependen, yaitu minat menabung (Y). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Manajemen STIE AMM. Sampel diambil menggunakan teknik voluntary response sampling dengan jumlah 60 responden yang bersedia mengisi kuesioner. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial religiusitas memiliki pengaruh signifikan terhadap minat menabung, sedangkan literasi keuangan syariah dan literasi digital tidak berpengaruh signifikan secara individu. Secara simultan, ketiga variabel independen tersebut berpengaruh signifikan terhadap minat menabung. Religiusitas menjadi variabel dominan, menegaskan pentingnya integrasi nilai spiritual dalam mendorong keputusan keuangan berbasis syariah. Variabel independen dalam penelitian ini mampu menjelaskan variabel dependen sebesar 58,4%, sementara sisanya sebesar 41,6% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian.

References

Awaludin. (2019, November 26). OJK: Perkembangan Perbankan Syariah Di NTB Luar Biasa. Inside Lombok. https://insidelombok.id/berita-%20utama/ojk-perkembangan-perbankan-syariah-di-ntb-luar-biasa/

Bahru Ilmi Dafiq, Amalia Nuril Hidayati, & Muhammad Alhada Fuadilah Habib. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Literasi Digital, Digital Marketing, Brand Image Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Generasi Z Pada Bank Syariah. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, Volume 4(Number 11), 4971–4982. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue/article/view/1856

Fadhilah Salsabila. (2019). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Literasi Digital Terhadap Perilaku Berwirausaha Sektor Kuliner Yang Terdaftar Pada Aplikasi Go Food Di Pasar Segar Kota Makassar. https://eprints.unm.ac.id/14271/

Ghozali I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariative Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. In E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hakim, Muhammad Arief Rachman, & Aminnullah Achmad Muttaqin, M. Sc. ,Fin. (2020). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Membuka Rekening Bank Syariah (Studi Pada Mahasiswa Islam Kota Malang). https://repository.ub.ac.id/id/eprint/187033/

Isra Oktarina Izzuddin. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Para Guru Pondok Pesantren Darul Hijrah Puteri Menabung Di Bank Syariah. https://idr.uin-antasari.ac.id/23755/2/AWAL.pdf

Lani Dwi Yuliawati. (2022). Pengaruh Religiusitas, Literasi Keuangan Syariah Dan Pengetahuan Terhadap Minat Menabung Mahasiswa Di Bank Syariah Indonesia (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta Dan Fakultas Eknomi Dan Bisnis Universitas Muhammadyah Surakarta). https://eprints.iain-surakarta.ac.id/3673/1/SKRIPSI%20Lani%20dwi%20yuliawati%20185231149%20.pdf

Luci Pangrazio, Anna-Lena Godhe, & Alejo Gonzalez Lopez Ledesma. (2020). What Is Digital Literacy? A Comparative Review Of Publications Across Three Language Contexts. E-Learning And Digital Media, 17(6), 442–459. https://doi.org/10.1177/2042753020946291

Nur Lita Faridah, Luqman Hakim, & Tri Sudarwanto. (2021). Pengaruh Pembelajaran Insert Ekonomi Syariah, Pengetahuan Produk, Lingkungan Sosial Dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah. Journal Of Islamic Economic Development, Volume 5(No.2), 98–113. https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/istithmar/article/view/81

Nursyella Binti Hasbullah. (2023). Pengaruh Religiusitas, Tingkat Literasi Keuangan Syariah Dan Lokasi Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah (Studi Pada Generasi Z Di Kota Palopo). http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7749/1/FIX%20SKRIPSI%20NURSYELLA%20BINTI%20HASBULLAH...pdf

Otoritas Jasa Keuangan. (2024). Daftar Alamat Kantor Pusat Bank Umum Dan Syariah. In Otoritas Jasa Keuangan. https://ojk.go.id/id/kanal/perbankan/data-dan-statistik/Pages/Daftar-Alamat-Kantor-Pusat-Bank-Umum-Dan-Syariah.aspx

Sayyidatul Maghfiroh. (2018). Pengaruh Religiusitas, Pendapatan, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Pada Santri Pesantren Mahasiswi Darush Shalihat. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 7(3). http://101.203.168.44/index.php/ekonomi/article/view/10518

Selvi Mayasari. (2024, July 3). Pangsa Pasar Perbankan Syariah Tumbuh 7,38% Pada Maret 2024, OJK Beberkan Pemicunya. Kontan.co.id. https://keuangan.kontan.co.id/news/pangsa-pasar-perbankan-syariah-tumbuh-738-pada-maret-2024-ojk-beberkan-pemicunya

Sugiyono. (2021). Buku Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif,Kualitatif,Kombinasi R&D Dan Penelitian Pendidikan). In Bandung : Penerbit Alfabeta.

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

Irma Aulia, Irianto, & Hj. Erviva Fariantin. (2025). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Literasi Digital Dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung Generasi Z Pada Bank Syariah Di Mataram. Kredibel: Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(1), 375–390. Retrieved from https://journal.stieamm.ac.id/kredibel/article/view/520

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.