Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kecamatan Narmada

Authors

  • Lalu Mulki Dewantara Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM
  • Ida Ayu Nursanty Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM
  • Elvina Setiawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM

Keywords:

Capital, Human Resources, Technology, Performance Of SMMES

Abstract

Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) have become a new economic force contributing to Indonesia's Gross Domestic Product (GDP). Currently, MSMEs have experienced a remarkable growth and contributed approximately 57% to Indonesia's GDP. This study aims to empirically examine the significant positive influence between independent variables, namely Capital (X1), Human Resources (X2), and Technology (X3), on the Performance of Micro, Small, and Medium Enterprises (SMMEs) (Y) in the Narmada District, West Lombok Regency. The research design employed in this study is associative research with a quantitative approach. The population consists of SMMEs in the Narmada District, West Lombok Regency. The sample was selected using probability sampling method, resulting in 88 formal MSMEs as the sample size. The data analysis was conducted using SPSS 25, employing classical assumption tests and multiple linear regression. The research findings indicate that capital has a significant positive influence on MSMEs' performance with a significance value of 0.003 < 0.05. Human resources have a significant positive influence on MSMEs' performance with a significance value of 0.001 < 0.05, and technology has a significant positive influence on MSMEs' performance with a significance value of 0.001 < 0.05.

References

Abbas, D. (2018). Pengaruh Modal Usaha, Orientasi Pasar, dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UKM Kota Makassar. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(1), 95-112.

Afida, S. N. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Alimudin, A., Falani, A. Z., Mudjanarko, S. W., & Limantara, A. D. (2019). Analisis Pengaruh Penerapan Perspektif Balanced Scorecard Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM. EkoNiKa Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 4(1), 1-17.

Alyza, S. N. (2019). Pengaruh Faktor-faktor Internal Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Keripik Nenas Di Desa Kualu Nenas Kec. Tambang Kampar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Dewi, N. P. M., & Utari, T. (2014). Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan dan Teknologi Terhadap Pendapatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kawasan Imam Bonjol Denpasar Barat. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 3(12), 44496.

Dinas Koperai UKM Provinsi NTB. PROFIL UMKM PER KABUPATEN KOTA SE NTB 2018-2019 (On-line). Diunduh di https://diskop.ntbprov.go.id/profile-umkm-per-kabupaten-kota-se-ntb-2018-2019/ (diakses pada Jumat, 17 Juni 2022).

Ferdiansyah, A., & Bukhari, E. (2021). Pengaruh Modal, Financial Knowledge, Teknologi Dan Media Sosial Terhadap Kinerja UMKM Fashion Di Bekasi Utara. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Manajemen, 17(2), 103-114.

Ghozali, I. (2019). Desain Penelitian Kuantitatif & Kualitatif Untuk Akuntansi, Bisnis, dan Ilmu Sosial Lainnya. Yoga Pratama.

Hamza, L. M., & Agustien, D. (2019). Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 8(2), 127-135.

Hanum, A. N., & Sinarasri, A. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi E-Commerce Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UMKM (Studi Kasus UMKM di Wilayah Kota Semarang). MAKSIMUM: Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang, 8(1), 1-15.

Hartono, H., & Hartomo, D. D. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan UMKM di Surakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen (Journal of Business and Management), 14(1), 15-30.

Hasanah, R. L., Kholifah, D. N., & Alamsyah, D. P. (2020). Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan dan Teknologi terhadap Pendapatan UMKM di Kabupaten Purbalingga. Kinerja, 17(2), 305-313.

Indarto, Septo. (2016). Perkembangan UMKM di Indonesia (On-line) diakses di https://septosuhanda.wordpress.com/2016/01/05/perkembangan-umkm-di-indonesia/(diakses pada Sabtu, 18 Juni 2022).

Kumalasari, B., & Haryono, N. A. (2019). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kinerja UMKM di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 7(3), 784-795.

Maharani, L. Nur. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Lombok Timur.

Nizar, M. (2018). Pengaruh sumber daya manusia, permodalan dan pemasaran terhadap kinerja usaha kecil dan menengah sari apel di Kecamatan Tutur. Iqtishoduna: Jurnal Ekonomi Islam, 7(1), 51-69.

Pramawati, I. T., Putri, K. M. D., & Mulyawan, A. (2020). Implementasi Digital Marketing Pada UMKM di Kabupaten Klungkung dalam Meningkatkan Profit. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 263-275.

Putra, A. H. (2016). Peran UMKM dalam Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2).

Putri, K., Pradhanawati, A., & Prabawani, B. (2014). Pengaruh Karakteristik Kewirausahaan, Modal Usaha dan Peran Business Development Service terhadap Pengembangan Usaha (Studi Pada Sentra Industri Kerupuk Desa Kedungrejo Sidoarjo Jawa Timur). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(4), 313-322.

Rahman, R. F. N., & Fe, F. E. (2016). Pengaruh Modal, Pengetahuan, dan Inovasi Terhadap Kinerja UMKM Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. Artikel Universitas Nusantara PGRI Kediri, 1(11), 1-16.

Sangadji, E.M., dan Sopiah. (2013). Prilaku Konsumen. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Subroto, S., Hapsari, I. M., & Astutie, Y. P. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Kabupaten Brebes. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi dan Humaniora, 6(1), 337-344.

Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 51-58.

Suparyadi, H. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah.

Wahyudiati, Dinar. 2017. Pengaruh Aspek Keuangan Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecl Dan Menengah (UMKM) Di Desa Kasongan. Skripsi: Universitas Negri Yogyakarta.

Wulandari, F. (2019). Pengaruh Modal Kerja, Kebijakan Pendanaan Dan Teknologi Terhadap Kinerja Usaha Konveksi Di Kabupaten Tulungagung. STIE Perbanas Surabaya.

Armiani, A., Basuki, B., & Suwarno, N. (2021). Teknologi Digital Memediasi Dampak Strategi Bisnis Terhadap Kinerja Umkm Di Nusa Tenggara Barat. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 5(3), 300–320. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2021.v5.i3.4892

Berlilana, B., Utami, R., & Baihaqi, W. M. (2020). Pengaruh Teknologi Informasi Revolusi Industri 4.0 terhadap Perkembangan UMKM Sektor Industri Pengolahan. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi Dan Informatika, 10(3), 87–93. https://doi.org/10.31940/matrix.v10i3.1930

Databoks. (2021a). Facebook, Media Sosial Paling Banyak Digunakan di Dunia. In Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/17/facebook-media-sosial-paling-banyak-digunakan-di-dunia

Databoks. (2021b). tokopedia-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-pada-2021.

Dihni, V. A. (2021). Penjualan E-commerce Indonesia Diproyeksi Paling Besar di Asia Tenggara pada 2021. KataData, 2025. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/21/penjualan-e-commerce-indonesia-diproyeksi-paling-besar-di-asia-tenggara-pada-2021

Ekawati, Y. P., & Mardiana Andarwati. (2021). Analisis Penggunaan Media Sosial dan Marketplace Terhadap Peningkatan Volume Penjualan di UMKM Kab . Malang di Masa Pandemi Covid-19 (Tinjauan Anomali Teknologi). 19.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Kembang, L. P., Mahmud, M., & Samsumar, L. D. (2021). Pengaruh Sosial Media Pemasaran Terhadap Penjualan Hasil Industri Kerajinan Tenun Songket Rumahan Di Lombok Tengah. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 9(1). https://doi.org/10.35137/jmbk.v9i1.524

Lestari, L. (2017). Pengaruh E-commerce terhadap Volume Penjualan pada Online Shop Aneka Kemeja Pria Bekasi. Universitas Pakuan.

Rahmanda, E., & Amanah, L. (2021). Pengaruh Modal Pribadi, Harga Dan Sosial Media Terhadap Pendapatan UMKM. Jurnal Bisnis Dan Riset Akuntansi. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/4317%0Ahttp://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/download/4317/4330

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sugiyono (ed.); Cet. 26). Alfabeta.

Zulfikar, R., & Novianti, L. (2018). Pengaruh Kapabilitas Jejaring Usaha Dan Media Sosial Terhadap Kinerja Usaha. JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen, 8(2). https://doi.org/10.34010/jurisma.v8i2.1004

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Lalu Mulki Dewantara, Ida Ayu Nursanty, & Elvina Setiawati. (2025). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kecamatan Narmada. Akuntabel: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 4(2), 419–434. Retrieved from https://journal.stieamm.ac.id/akuntabel/article/view/574

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>