PENERAPAN STRATEGI MARKETING GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA INDUSTRI TAHU DAN TEMPE GUFRON DI KELURAHAN KEKALIK JAYA KECAMATAN SEKARBELA KODYA MATARAM

Authors

  • Erviva Fariantin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM
  • Endang Kartini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM
  • Lalu Mimbar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM
  • Sopian Saori Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM

Keywords:

strategi marketing, volume penjualan

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan dan menerapkan strategi marketing baik secara offline maupun secara online guna meningkatkan volume penjualan. Mitra dalam pengabdian ini adalah pelaku usaha Industri Tahu dan Tempe Gufron yang terletak di Kelurahan Kekalik Jaya Kecamatan Sekarbela Kodya Mataram. Masalah utama yang dihadapi mitra adalah kurangnya pengetahuan dalam memasarkan produk yang dihasilkan baik secara offline (konvensional) maupun secara online. Rendahnya pengetahuan pemasaran akan berdampak pada rendahnya volume penjualan yang berpengaruh bagi pengembangan usaha. Solusi yang ditawarkan dalam pengabdian masyarakat ini adalah melalui program konsultasi pendampingan oleh tim dosen. Target program adalah adanya peningkatan pengetahuan mitra baik terkait strategi marketing dan kemampuan dalam penerapan digital marketing. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan memberikan tutorial dan pendampingan dalam pengenalan strategi marketing baik secara konvensional maupun digital marketing. Hasil kegiatan memperlihatkan antusias mitra yang sejak awal selalu memperhatikan dan banyak bertanya untuk kelangsungan usahanya.

References

Basu Swastha, (2009), Azas-Azas Marketing, Edisi Tiga, Cetakan 7 Liberty Yogyakarta
Damanik, E. (2013). Pengertian Volume Penjualan. PT. Indeks Kelompok Gramedia , Jakarta.
Hendriadi, A.A., Padilah, T. N., & others. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika. Vol.4
Hasan B, dan Setiadji (2010), Cara Praktis Membangun wirausaha, Panduan Praktis Menjadi Wirausaha yang Sukses, Bandung : Pustaka Ra
Ikatan Akuntan Indonesia. (IAI) 2016, Standar Akuntansi Keuangan Revisi 2016, Selemba Empat Jakarta.
Isnawan Ganjar 2012, Akuntansi Praktis untuk UMKM, Jakarta Laskar Aksara
Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 17 tahun 2023
Kolter P., Keller dan Kevin Lane, (2009), Manajemen Pemasaran, Jakarta : Rajawali
Kotler, Philip, Armstrong, Gary, Opresnik, M. O. (2015). Marketing.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gray. (2014). Prinsip-prinsip Manajemen. Edisi 14. Jilid 1. Jakarta, Erlangga
Meredith,Geoffrey G. (2002), Kewirausahaan : Teori dan Praktek, Jakarta :PPM
Rosyid, A. (2010). Jurnal Analisis Laporan Keuangan
Suryana.2003, Kewirausahaan : Pedoman Praktis, kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta : Selemba Empat.
Sunyoto.2012, Manajemen Sumber Daya Manusia,. Jakarta : PT Buku Seru
Undang -Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2008, tentang UMKM

Downloads

Published

2023-08-08

Issue

Section

Articles