PENGUATAN MANAJEMEN KEUANGAN DAN PEMASARAN DI DEPOT REMAJA II

Authors

  • Baiq Ertin Helmida Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM
  • Syaiful amri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM
  • Rosyia Wardani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM
  • Topan Siswanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM
  • Galuh Ratna Mutia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM

Keywords:

manajemen keuangan

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada Depot Remaja II, di Desa Bengkel, Kecamatan Labuapi. Dalam menjalankan usahanya mitra menghadapi berbagai permasalahan antara lain 1) Belum memahami cara pengelolaan keuangan yang baik seperti pemisahan keuangan usaha dengan keuangan keluarga, rencana perolehan dan penggunaan dana, dll 2) Belum melakukan pencatatan keuangan dalam menjalankan usahanya 3) Usaha sudah berjalan 16 tahun namun belum memiliki merek; 4) Konsumen belum menjangkau seluruh wilayah Lombok, promosi yang dilakukan masih mengandalkan dari mulut ke mulut (word of mouth). Dalam rangka pengembangan usaha maka perlu dilakukan beberapa hal sebagai berikut 1) Meningkatkan pemahaman tentang manajemen keuangan; 2) Meningkatkan keterampilan tentang sistem pembukuan sederhana.; 3) Memberikan identitas usaha berupa merek; 4) Memperluas area pemasaran dengan memanfaatkan media sosial Instagram dan Fecebook agar lebih banyak dikenal oleh konsumen Metode pelaksanaan yang dilakukan dengan survei, penyuluhan, merancang dan mengaplikasikan, tutorial serta pendampingan. Survei dilakukan untuk mengetahui permasalahan atau kendala yang dihadapi dalam menjalankan bisnisnya serta rencana pengembanga usaha. penyuluhan dengan metode ceramah digunakan dalam proses penyampaian dan penjelasan materi. Teknik tutorial untuk memberikan contoh cara melakukan pencatatan keuangan dalam sistem pembukuan sederhana dan pemanfaatan atau cara mengoperasikan aplikasi instagram dan facebook dengan akun Depot Remaja II. Kegiatan
pendampingan dilakukan saat pengoperasian sistem pembukuan sederhana. Hasil pelaksanaan program adalah: 1) Peningkatan pemahaman mitra tentang manajemen keuangan; 2) Mitra.memiliki sistem pembukuan sederhana; 3) Mitra memiliki laporan keuangan bulanan 4) Mitra memiliki merek sebagai identitas perusahaan; 5) Terdapat perluasan usaha setelah mitra memiliki akun media sosial Instagram dan Fecebook. sebagai media promosi.

References

Al Falih, dkk. 2019. Pengelolaan Keuangan dan Pengembangan Usaha pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Kasus Pada UMKM Madu Hutan Lestari Sumbawa. Jurnal JMB, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UTS. Vol.2. No,1. Diakses pada tanggal 26 Agustus 2022 dari http://jurnal.uts.ac.id/index.php/jmb/article/view/302
Dianita, 2011. Studi Penerapan Pencatatan Keuangan pada Usaha Mikro dan Kecil (UMK) (Studi Kasus pada Usaha Mikro dan Kecil Pengrajin Sepatu dan Sandal Wanita di Wilayah Surabaya Utara dan Barat), Inspirasi, Vol 1, No. 18, 10 April 2011.
Ermalina Ermalina. 2013. Implementasi Pencatatan Keuangan Oleh Pengusaha Mikro-Kecil Di Kecamatan Ciputat, jurnal liquidity. Diakses pada tanggal 24 Agustus 2022 dari https://ojs.itb-ad.ac.id/index.php/LQ/article/view/131
Hasibuan, Malayu. 2014. Manajemen Dasar, Pengertian, Dasar Masalah. Jakarta: Penerbit PT. Bumi Aksara
Helmida, Ertin dkk .2016. IbM Kelompok Usaha“Wanita Kreatif” di Desa Tempos, Kecamatan Gerung”. Valid, Vol.13, No.1,24-29. Diakses tanggal 25 Agustus 2022 dari http://journal.stieamm.ac.id/index.php/valid/article/view/8
Insight talenta. Pengertian Manajemen Fungsi dan Unsur-Unsurnya . Diakses pada tanggal 25 Agustus dari https://www.talenta.co/blog/insight-talenta/pengertian-manajemen/SimulasiKrediT.com. Mengapa UKM Sulit Berkembang? Diakses pada tanggal 18 Agustus 2022. dari https://www.simulasikredit.com/mengapa-ukm-sulit-berkembang/
Yusuf Abdul 2022. (14 Juni) diakses pada tanggal 18 Agustus 2022 dari https://penerbitbukudeepublish.com/bidang-manajemen /

Downloads

Published

2023-02-03

Issue

Section

Articles