BANGKIT DENGAN USAHA TAMBAK IKAN NILA DIMASA PANDEMI
Keywords:
kelompok usaha, pemberdayaan masyarakatAbstract
Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pemahaman tentang perencanaan bisnis dan pengelolaan usaha Ikan Nila, pengembangan produk baru Ikan Nila, meningkatkan kemampuan mitra tentang promosi pemasaran usaha dan membantu proses kerjasama dengan pihak lain melalui media. Pengabdian dilakukan pada Kelompok Usaha Ikan Nila di Desa Buwun Sejati Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Permasalahan kelompok adalah pengembangan usaha Ikan Nila belum memiliki perencanaan yang jelas sehingga sasaran maupun target usaha Ikan Nila yang ingin dicapai tidak jelas, belum ada pengembangan produk baru dari Ikan Nila, belum ada promosi pemasaran usaha dan belum mengembangkan akses untuk melakukan kerjasama atau dalam bentuk kerjasama dengan pihak lain. Metode pelaksanaan menggunakan cara penyuluhan dan pendampingan kelompok usaha. Hasil yang didapat dari kegiatan ini adalah kelompok memahami tentang manajemen usaha, pemasaran dan pengelolan keuangan dengan baik. Hal ini berdampak pada peningkatan pengembangan pada Kelompok Ikan Nila dan diharapkan melalui pemberdayaan ini kelompok lebih meningkatkan kemampuan dalam manajemen kelompok dan dalam pengembangan produk Ikan Nila sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan kelompok
References
Mataram jadi Pusat Budidaya Ikan Air Tawar HYPERLINK "http://mataram.antaranews.com" http://mataram.antaranews.com . Diakses tanggal 1 Oktober 2020.
Purnamasari,2017.Kelompok Usaha Bersama Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Prasejahtera.jurnal.unigal.ac.id
Sebanyak 5000 IMKM di NTB terdampak Covid 19, htttp://mataram.antaranews.com. Diakses tanggal 1 Oktober 2020.
Setiyorini, Noorachmat, Syamsun.2018. Strategi Pemasaran Produk Olahan Hasil Perikanan pada UMKM Cindy Group. .journal.ipb.ac.id.
Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro,Kecil dan Menengah.2016.Penerbit Ikatan Akuntansi Indonesia.