Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Karyawan Frontliner PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Polewali di Era Pandemi Covid-19

Authors

  • Nurfitriani Nurfitriani IAIN Parepare, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Rukiah Rukiah IAIN Parepare, Sulawesi Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53512/valid.v19i2.207

Keywords:

Kecerdasan emosional, Kinerja karyawan

Abstract

Kecerdasan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan dan penentu kesuksesan seseorang, selebihnya dipengaruhi oleh kemampuan intelektual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kecerdasan emosional, kinerja karyawan, dan pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan frontliner PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Polewali pada era pandemi covid-19. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan kuesioner penelitian, sampel 55 responden menggunakan teknik sampel jenuh. Hasil analisis deskriptif penelitian menunjukan kecerdasan emosional karyawan frontliner pada penelitian ini dikategorikan cukup yaitu sebanyak 33 responden atau sekitar 60%, nilai rata-rata 4,38 dan standar deviasi 0,37. Sedangkan kinerja karyawan frontliner penelitian ini juga dikategorikan cukup yaitu 32 responden (58,18%), nilai rata-rata 4,39, standar deviasi 0,38. Kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan frontliner PT. Bank Rakyat Indonesia pada masa pandemi covid-19, nilai thitung 8,569 > ttabel 1,674 dengan taraf signifikansi 0,000 lebih kecil 0,050 (5%). Besarnya pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan sebesar 58,10%, sisanya 41,90% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

Anik Suwarni. (2008). “Pengaruh kecerdasan emosional, kompetensi, dan motivasi terhadap kinerja Dosen di program studi Ilmu Keperawatan Universitas Sahid Surakarta”. Tesis UNS Pascasarjana Prod. Kedokteran Keluarga. Surakarta.
Goleman, D. (2012). Emotional Intelligence, Kecerdasan Emosional, Mengapa EI lebih penting dari pada IQ. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Gibson, James, L. (2003). Organisasi, Perilaku, Struktur dan Proses, Edisi ke-5. Cetakan ke-3. Jakarta: Erlangga.
Jachja. D. R. (2012). analisis pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan studi di PT. Multiguna Internasional Persada. Tesis. Universitas Diponegoro.
Kuncoro, M. (2003). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta : Erlangga.
Meliana Kumala. (2015). “Pengaruh Kecerdasan Emosional pada Kinerja Karyawan yang Dimediasi oleh Gaya Manajemen Konflik Kolaborasi dan Kompromi (Studi pada Karyawan Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah)”. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, UNES. Semarang.
Risma, Devi. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan: Penelitian Eksperimen. Jurnal Educhild. Vol. 01 No. 1. Universitas Negeri Riau: Riau.
Sesilia Dwi. (2008). “Pengaruh Kecerdasan Emosional & Motivasi Terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian Dinas Pertanian Kab. Nganjuk”. http://ilmiahmanajemen.blogspot.com/2008/05/pengaruh-kecerdasan-emosional-dan.html (diakses 1 mret 2021).
Siregar, S. (2017). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Edisi Pertama. Cet. Kelima. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. ALFABETA.
Winarsunu. (2010). Statstik Dalam Penelitian Psikologi Pendidikan. Malag: UMM Press.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Nurfitriani, N., & Rukiah, R. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Karyawan Frontliner PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Polewali di Era Pandemi Covid-19. Valid: Jurnal Ilmiah, 19(2), 124–133. https://doi.org/10.53512/valid.v19i2.207

Issue

Section

Articles